Sabtu, 18 Januari 2020

Cara mengatasi masalah dengan Inovasi


Jika kamu seorang pemimpin, sudah pasti selalu diperhadapkan dengan yang namanya MASALAH, nah bagaimana cara menggantikannya menjadi INOVASI?

Saya punya salah satu cara, lumayanlah bisa membantu merubah MASALAH MENJADI INOVASI, cara ini saya dapatkan dari pengalaman saya pada saat mengikuti pendidikan dan pelatihan kepemimpinan IV di Palu Sulawesi Tengah.

Seperti contoh pada vidio di channel youtube aku, ini masalah saya di tempat kerja saya, sebagai seorang kepala seksi yang didampingi oleh teman-teman STAF, saya harus bisa berinovasi terhadap permasalahan yang timbul, dan mengangkat permasalahan yang membutuhkan Solusi prioritas di antara permasalahan lainnya.


  • Kita harus tulis semua permasalahan kita, dan buat perengkingan

  • Kita harus tau Apa yang menjadi penyebab dari masalah kita, dan kamu harus mengukurnya secara jelas dan pasti.

  • Harapan apa yang ingin dicapai, degan harapan ini kita akan mendapatkan perangkat apa yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah kita.

  • Setelah kita mendapatkan perangkat apa yang dibutuhkan, misalnya agar penyelenggaraan pemanfaatan ruang sesuai, maka orang harus tau untuk bisa sesuai harus paham informasi data yang harus dipenuhi (misalnya data dan peta pemanfaatan ruang harus bisa dipahami) dan dimana bisa mereka mendapatkannya secara mudah dan cepat ( untuk bisa berinovasi kita harus bisa melihat situasi saat sekarang ini yang semua orang menggunakannya dan bahkan bisa mengenali hal yang lagi sedang ngetrend saat ini)




  • Setelah Kita memiliki inovasinya, kita harus bisa punya tujuan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang


  • Kita lihat kira-kira manfaat inovasi kita apa, dan siapa saja yang bisa menerima manfaat dari inovasi kita ini.


  • Setelah kita mengenali penerima manfaat, maka kita harus melakukan koordinasi dengan mereka, dan buatlah tahapan yang akan dilakukan agar inovasi kita diterima oleh semua penerima manfaat dari karya inovasi kita, mulailah dari tujuan jangka pendek kita.




  • Setelah itu, kita harus tau bagaimana cara agar kita melakukan koordinasi dengan mereka yang menerima manfaat dari inovasi kita, dan identifikasi posisi mereka sesuai tingkat kepentingan dan kebutuhan mereka, buat tabel dan peta untuk bisa mengenali strategi dari kepentingan mereka.




  • Terakhir, sudah pasti ada yang namanya Kendala atau hambatan, nah kita harus bisa pastikan kendala apa saja yang akan dihadapi nantinya sehingga kita bisa mengatasinya nanti.

Cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat, bagi yang berminat dengan bahan presentase file power pointnya, langsung saja comment, dan skalian masukan dan kritikannya yang konstruktif ya... sudah pasti dibutuhkan untuk perbaikan blog ke depan 😊🙏




Tidak ada komentar:

Posting Komentar